TERANG SEJATI-DUSUN JATI

Beranda » KONSELING » PEMECAH MASALAH

PEMECAH MASALAH

MENJADI PEMECAH MASALAH

”CARA TERBAIK TERBEBAS DARI MASALAH
ADALAH MEMECAHKANNYA”

Secara sederhana masalah dapat datang di saat kapan saja, dimana saja, tanpa mengundang pun mungkin masalah itu tiba-tiba muncul pada saat yang tidak tepat. Bila suatu masalah tidak ditangani dengan baik kemungkinan besar itu akan merambat dan menjadi seperti benang yang bertalian satu dengan yang lain. Tentu semua dapat diatasi selama ada keyakinan dan niatan yang baik; karena saya percaya bahwa TUHAN juga tidak akan membiarkan makhluk ciptaan-Nya mati dibebani masalah atau menghadap kepada-Nya dengan memikul masalah.

Ada orang yang menyatakan: ”Jadikanlah kesulitan itu sebagai tantangan (Chalenge) dan bukan sebagai persoalan (problem). Artinya masalah dalam hidup itu selalu ada dan mungkin muncul namun yang terpenting adalah cara menyelesaikan masalah itu. Kesulitan dapat datang disaat yang tidak terduga, namun kita harus menghadapinya dengan keyakinan dan kesabaran. Bila tidak mungkin kerugian yang akan menimpa kita. Sebagai contoh seorang tekniksi atau montir bila menghadapi kerusakan mesin mereka tidak akan menyerah tetapi akan mencoba mencarikan jalan keluar (way out). Mereka memiliki antusias yang tinggi dalam menyelesaikan persoalan tersebut. Para ahli profesional dan insinyur menjadi terkenal dan berpengalaman karena mereka telah belajar dengan ketekunan dan keuletan untuk menyelesaikan setiap detail kesulitan.

Soerang yang berkompeten dan profesional di bidang tertentu karena mereka belajar dan mendisiplikan diri mereka untuk terus berlatih dan tidak menyerah. Bila menghadapai kesulitan mereka akan mencari cara untuk menyelesaikannya. Bahkan lebih lagi mereka akan melakukan inovasi dalam hidup mereka sehingga mereka dapat menghasilkan karya terbesar. Bila Thomas Alfa Edison yang dulunya dianggap kurang pandai, tetapi melalui kegigihan telah menemukan alat-alat listrik yang sangat berguna sampai sekarang ini.

Dengan demikian kita perlu banyak belajar dari berbagai kesulitan hidup kita. Jangan sampai kita dibentuk menjadi pribadi yang salah dan penuh masalah, tetapi harus menjadi pribadi yang cakap menyelesaikan masalah.

”Masalah boleh saja datang, yang terpenting jangan menjadi bagian dari masalah
tetapi jadilah pemecah masalah”


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: