TERANG SEJATI-DUSUN JATI

Beranda » DUSUN JATI » Bisakah kita rukun??

Bisakah kita rukun??

Katakan TIDAK kepada yang baik supaya dapat mengatakan YA kepada yang Terbaik

Pilihan terburuk pasti akan merugikan kita maka Pilihlah yang terbaik dengan memperhitungkan kemungkinan terburuk!

KAMI CINTA DUSUN JATI CANDIREJO

MEMBANGUN KERUKUNAN HIDUP DARI DUSUN

“Perbedaan itu perlu harus dan Kesatuan itu sangat penting”

Setiap perjalanan hidup manusia akan diwarnai dengan perbedaan dalam hal kondisi fisik, tingkat kedewasaan berfikir dan keyakinan. Semua perbedaan dapat menjadi modal dalam membangangun kehidupan manusia. Perbedaan merupakan ciri khas di tengah-tengah kehidupan bangsa Indonesia. Di Negara kita memiliki banyak perbedaan suku, bahasa dan keyakinan. Namun itu semua keanekaragaman akan menjadi kekayanan dan kekhasan yang saling memperlengkapi. Di tengah globalisme dan dan kebebasan system informasi serasa antara manusia yang satu dengan yang lain akan saling membutuhkan.

Dusun jati memiliki kekayaan yang luar biasa dalam hal Sumber Daya Manusia. Hal ini tentu berbeda dari keadaan fisik alamnya. Secara fisik dusun jati yang terletak dalam posisi tersempit, dan jauh dari keramian kota karena berjarak 20 Km dari ibukota kecamatan; jalan dusun pun masih alami terbuat dari bebatuan kapur yang mempunyai lebar kurang lebih 3-4M. Memang rasanya tidak ada yang dapat diandalkan dari hasil pertanian ataupun peternakan. Namun kekuasaan Tuhan  lebih dari pemikiran manusia, kekuatan dan keuletan telah diberikan kepada jiwa masyarakat dusun jati, Candireo, Semanu sehigga dusun masyarakat dapat menyekolahkan anak-anaknya. Bahkan rata-rata kaum muda sampai yang telah berusia 60 tahun telah mengenyam pendidikan SMA dan banyak pemuda/remaja yang telah menyelesaikan Kuliah di perguruan Tinggi dan bekerja di berbagai kota di Indonesia.

Rupanya keterbatasan fisik tidak dapat menghalangi tekad dan keyakinan masyarakat untuk terus maju dalam mengisi kemerdekaan di negara tercinta ini. Para petani yang bekerja secara tradisonal mengolah tanah menggunakan cangkul dan membajak sawah dengan sapi mereka menunjukan semangat kehidupan mereka. Bila musim panen tiba, maka warga saling bergotong royong memanen hasil. Ada juga warga yang memanen hasil bersama bkelompok arisan ibu-ibu. Mereka secara bergiliran memanen hasil. Tanah pertanian di dusun Jati, Candirejo yang tidak terlalu luas ini dapat menghasilkan padi,kacang tanah, kedelai, jagung dan ketela pohon. Demikian pula dipinggir lading dan mendekat di lereng bukit tertata rapi dapat menghasilkan sayuran kacang panjang, mentimun, dan Lombok.

Kerukunan di tengah perbedaan antara kaya,miskin, tua muda sampai kepada keyakinan adalah sesuatu yang indah dan akan tetap menjadi modal dalam membangun dusun Jati. Kerukunan dan gotong royong tentu tidak hanya ketika hasil panen tiba, tetapi ketika ada rumah warga yang diperbaiki atau kandang sapi yang diperbaiki pun antara warga sal

ing menolong dan bergotong royong memperbaikinya. Sungguh sesuatu yang indah bahwa keramahan dan kepedulian antara sesama menumbuhkan kesadaran yang tinggi dalam strata social warga dusun.

BERBALIK ARAH

namun entah setan dari mana yang menjadikan kecongkrahan. adanya iri dan berburuk sangka tidak lepas pula dari kenyataan hidup warga.??? siapa tahu tulis kan pada belahan kapur dan keramat ….


3 Komentar

  1. wong kebon mengatakan:

    maaf baru baca blok ini tadi cuma tulis-tulis malah nemuin ini…eh maaf sebelumnya mau tanya ini yang bikin blok ini sapa ya….??aku orang jati tpi sekarang udah gak tinggal dijati. aku pengen banget kalau pulang jati itu banyak sapaan yang ramah, senyuman. tpi sekarang yang aku dengar dijati adanya cuma congkrah…miris rasanya…….ayo jadikan jati kayak dlu yang rukun, heppy n lebih maju lgi…go jati…(wong kebon)

    • om antok mengatakan:

      salam
      terimakasih sebelumnya sudah mampir di lapak ini. ya menjadinkeprihatinan kita kalo kita banyak tidak cukup dewasa dalam bergaul dengan sesama saudara. adanya congkrah alias gak rukun. tapi kita yang tinggal di luar jati harus tetap rukun.. yang nulis blog ini saya bisa dikunjungi di FB obed antok atau twitter @obed_sariyanto.
      terimakasih salam sukses..

  2. @ 6host riello mengatakan:

    sbenarnya kita bisa mulai dr diri sendiri kok,..
    ga perlu malu2,..hanya kesadaran aja yang perlu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: