TERANG SEJATI-DUSUN JATI

Beranda » BERITA » Merapi dan Mentawai

Merapi dan Mentawai

Kembali Menangis

Dua peristiwa memilukan dan membuat tangisan air mata terkadi di tengah-tengah bangsa Indonesia.

Yang pertama adalah bencana gembpa di Mentawai dilansir telah menewaskan ratusan jiwa. Bencana tsunami menerjang Mentawai, Sumatra Barat, Senin malam 25 Oktober sekitar pukul 21.42 WIB. Kabupaten itu diguncang gempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter. Gubernur Irwan Prayitno menyatakan korban tewas mencapai 319 orang. Ratusan orang masih hilang dan lebih 4.000 orang diungsikan.

Akses menuju Mentawai masih sulit dijangkau. Lebih dari 16 jam perjalanan untuk mencapai Kepulauan Mentawai dari Padang dengan menumpang KMP Barau dari Pelabuhan Bungus, Padang. Saat diperjalanan badai besar menghadang kapal. Sementara itu, pascatsunami daerah terparah terlihat di Desa Munthe, Kecamatan Pagai Utara. Tinggi air setinggi 12 meter tersebut menyapu rumah dan penduduk yang tinggal di kawasan tersebut. Berdasarkan data dari Pusat Operasi Pengendalian dan Penanggulangan Bencana Sumatera Barat korban tewas hingga pagi ini mencapai 394 jiwa. Korban hilang tercatat 312 korban, untuk korban luka berat tercatat 267, dan luka ringan 142 korban

Peristiwa kedua adalah meletusnya gunung merapi di perbatasan Jogjakarta dan Jawa Tengah. Akibat bencana ini kurang lebih 30 orang meninggal terkena awan panas. Awan panas yang mencapai 600 derajat celcius dan kecepatan 60 km per jam juga telah meluluhlantakkan desa Kinahrejo tempat juru kunci Mbah Maridjan tinggal.
Awan panas Merapi kembali menyembur setelah berhenti pascaletusan Merapi 26 Oktober 2010 di sore hari. Hal itu terjadi pada 16.40 WIB, Kamis (27/10).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 23,884 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 1.091 pengikut lainnya

Flickr Photos

Morning Silence

Puffy

Emerald Damselfly ♀

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: