TERANG SEJATI-DUSUN JATI

Beranda » BERITA » Gunung Merapi

Gunung Merapi


Gunung Merapi, Gunung Merapi (harfiah Gunung Api di Indonesia / Jawa), adalah gunung api berbentuk kerucut yang terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta, Indonesia. Ini adalah gunung berapi yang paling aktif di Indonesia dan telah meletus secara berkala sejak 1548. Hal ini sangat dekat dengan Kota Yogyakarta, dan ribuan orang hidup di sisi-sisi gunung berapi, dengan desa-desa setinggi 1.700 m di atas permukaan laut.

Nama Merapi  bisa diterjemahkan sebagai ‘Gunung Api’ dari gabungan kata-kata Jawa; Meru artinya “gunung” dan api berarti “api”. Asap bisa dilihat muncul dari puncak gunung setidaknya 300 hari setahun, dan beberapa letusan telah menyebabkan korban jiwa. Panas gas dari sebuah ledakan besar membunuh 64 orang pada tanggal 22 November tahun 1994, sebagian besar di kota Muntilan, barat gunung berapi.

Erupsi besar lainnya terjadi pada tahun 2006, lama sebelum gempa bumi di Yogyakarta. M

Tanggal 25 Oktober 2010, pemerintah Indonesia menaikkan siaga untuk Gunung Merapi ke level tertinggi dan memperingatkan penduduk desa di daerah mengancam akan pindah ke tempat lebih aman. Orang yang hidup dalam 10 km (6 mil) zona diperintahkan untuk mengungsi. Para pejabat mengatakan sekitar 500 gempa vulkanik telah tercatat di atas gunung selama akhir pekan 23-24 Oktober, dan bahwa magma telah naik menjadi sekitar satu kilometer di bawah permukaan akibat kegiatan seismik. [2] Pada sore hari tanggal 25 Oktober 2010 Gunung Merapi meletus lava dari lereng selatan dan tenggara. [3]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 23,884 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 1.091 pengikut lainnya

Flickr Photos

Morning Silence

Puffy

Emerald Damselfly ♀

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: