TERANG SEJATI-DUSUN JATI

Beranda » CERITA DARI DERITA » KEMISKINAN DI TENGAH KELIMPAHAN

KEMISKINAN DI TENGAH KELIMPAHAN

KEMISKINAN DI TENGAH KELIMPAHAN

Orolan bang le….
Janji diantara ribuan janji terpampang
Terpampang di setiap persimpangan jalan
Di antara tiang listrik dan pohon-pohon
Janji, siapakah yang telah berjanji?

Janji itu adalah sebuah pertaruhan dan pertarungan
Diantara banyak pilihan diantara banyak orang
Janji, apakah janji itu pernah terwujud?
Atau memang itu hanya janji

Kekecewaan mungkin engkau dapat
Kesedihan tidak kan terobati di dalam janji
Ketika itu kemudian seperti debu tertiup angin
Seperti rumput yang layu kering dan mati

Obolan bangLe….

Hampir duabelas tahun negara ini mengalami masa perubahan dalam tatanan politik dan demokrasi. Reformasi yang dimulai tahun 1997-1998 telah membawa perbuahan arah dan pandangan manusia di negeri ini di dalam menentukan perjalanannya. Reformasi tersebut meliputi bidang pemerintahan dan birokrasi, kebijakan ekonomi, politik, sampai kepada dunia komunikasi dan kebebasan berpendapat bagi setiap warganya. Tentu banyak detail dari setiap bidang yang mengalami reformasi. Reformasi terus masih berjalan dan masih banyak pula Homework dari bangsa ini yang belum terselesaikan. Salah satunya adalah mengangkat kesejahteraan masyarakat dan terwujudnya keadilanya. Sebuah bangsa yang sejahtera tentu salah satu indikatornya adalah keadilan terpenuhi.

Bagian yang menjadi PR bagi bangsa adalah memberantas kemiskinan. Kemiskinan seperti suatu penyakit yang menular dan perlu ditangkal bahkan di tumpas Kemiskinan menimpa jutaan penduduk Indonesia. Mereka hidup di dalam kekurangan dan atau mengalami keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan primer.

Ketika saya naik motor berboncengan dari jalan-jalan dengan teman saya dia sempat mengatakan: “Wah di zaman seperti ini kok ada ya orang yang seperti ini?” waktu itu kami berjalan pulang sekitar jam sepuluh malam dan melihat seorang kakek memikul keranjang dagangannya hendak pulang dan melewati jalan yang sangat menanjak. Mungkin di tempat lain ketika siang hari kita melihat nenek-nenek yang menggendong dagangan ke pasar atau bapak-bapak yang berusia separuh baya berjualan mainan anak di depan sekolah. Dan mungkin di desa-desa kita dapat melihat ibu-ibu bekerja mencari batu pinggir sungai dan mengumpulkan pasir di bawah teriknya matahari.

Kemiskinan menjadi keprihatinan kita bersama karena di tengah zaman kemajuan teknologi dan informasi serta naiknya popularitas orang-orang kaya di dunia bisnis dan kancah politik, kemiskinan tetap menjadi akut bagai penyakit. Kemiskinan dapat menimpa setiap penduduk baik di perkotaan ataupun di pedesaan.

Bila seorang jeli melihat kemiskinan dan mempunyai kesempatan untuk bertarung dalam pemilihan kepala daerah dan anggota legislative maka kemungkinan ini akan menjadi akomodasi politik. Seorang calon dapat membuat janji pengentasan kemiskinan, pendidikan gratis, sekolah gratis, dan biaya kesehatan gratis. Ya itu boleh-boleh saja kalau perlu pulsa gratis dan hotspot seluruh wilayah kabupaten. Jadi Tidak perlu lari-lari atau nginap di warnet. Kembali kemasalah kemiskinan bahwa kemiskinan tidak dapat dengan mudah ditanggulangi dengan kebijakan-kebijakan semu. Tentu ada program yang sudah dijalankan dan berhasil di atasi. Namun dalam kenyataannya banyak kemiskinan selalu ada karena banyak factor yang ada didalamnya. Mungkin karena tidak adanya tulang punggung keluarga (yang dapat diandalkan). Pemutusan hubungan kerja (PHK), anggota keluarga yang sakit dan menguras keuangan, dan perubahan situasi ekonomi dan politik. Bila politik dan kebijakan pemerintah juga mempengaruhi seluruh komponen kehidupan bangsa secara sederhana dapat dikatakan bahwa pengentasan kemiskinan harus menjadi program para pemimpin daerah dan negeri ini.

Dengan demikian kemiskinan adalah musuh bersama. Sedangkan orang yang tertimpa kemiskinan adalah korban; orang miskin atau rakyat kecil adalah bagian dari komponen bangsa yang dapat diberikan dorongan,diberikan rangsangan dan bangkit dari keterpurukan. Karena dalam kenyataannya kemiskinan bukan semata-mata orang malas bekerja, tetapi adalah karena ketidakadilan social. Banyak orang bekerja dari pagi sampai petang hari, tetapi pendapat sangat minim. Banyak orang bekerja sebagai buruh pabrik, kuli bangunan, kuli pasar dan pekerja kasar sampai petani pedesaan yang tradisional kehidupannya sangat menyedihkan dan memilukan. Bukanka ini sebuah ironi dalam bagian masyarakat.

Gagasan bangle Politk Kemiskinan bukan kemiskinan politik…


POLITIK KEMISKINAN
Kemiskinan telah menunjukkan realita yang sangat menyedihkan. Di sana-sini terjadi tekanan ekonomi, kesulitan dan penderitaan. Namun yang menyedihkan lagi dalam perjalanan reformasi dan demokrasi adalah adanya kemiskinan dalam memahami dan peduli terhadap rakyat miskin. Ini disebut kemiskinan dalam keberadaan jiwa. Sebagai contoh di tengah kemiskinan selalu ada oknum melakukan korusi; penggelapan pajak, bagi-bagi uang rakyat dan seabrek hukum yang tidak berjalan dengan adil. Apalagi keadilan bukan menjadi milik rakyat kecil?

Politik kemiskinan berarti politik yang berpihak pada rakyat kecil, miskin dan menderita. Politik yang sehat akan membawa dampak baik bagi kesejahteraan seluruh rakyat. Kemiskinan atau rakyat kecil tidak pantas hanya dijadikan iklan politik yang kemudian terpampang di baliho besar atau frame televisi. Kemiskinan perlu ditanggulangi diangkat dan dicarikan solusi.

Politik kemiskinan dapat berjalan bila dilandaskan kepada hati nurani yang bersih dan berjuang dalam keadilan tanpa tendensi tertentu atau merugikan Dalam hal ini politik kemiskinan harus memiliki landasan kepada: Pentingnya pendidikan, sistim pemerintahan yang efektif, keadilan dan kesejahteraan, dan kesinambungan dalam pembangunan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 23,884 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 1.091 pengikut lainnya

Flickr Photos

Morning Silence

Puffy

Emerald Damselfly ♀

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: