TERANG SEJATI-DUSUN JATI

Beranda » ARTIKEL -ARTIKEL » BELAJAR DARI SEMUT

BELAJAR DARI SEMUT


Dalam hidup ini kita dapat belajar dari binatang yang ada disekitar kita. Tentu melihat segi-segi positif yang ada dan dapat mudah mengingatkan kita tentang cara hidup hewan-hewan ini.

Semut adalah binatang yang kerap kita temui dan datang bila mencium aroma makanan (yang manis) sehingga ada pepatah: “Ada gula ada semut” yang artinya kalau ada rejeki ya banyak yang datang. Coba kalau di tempat itu nda ada rejekinya pasti nda akan disambangi!
Sifat semut:

1. Bekerja Keras
Semut memiliki semangat yang tinggi. mereka bekerja keras untuk mengumpulkan makanannya. mereka tidak menunggu ada pihak lain datang dan membantu, tetapi giat mencari makanan. kerja keras tersebut dalam dunia semut adalah pada musim panen sehingga ketika musim kering datang tidak pernah kelaparan. mereka memencar ke berbagai tempat untuk mendapat makanannya.

Kerja keras sangat dibutuhkan oleh manusia bila hanya menunggu dan bermalas-malasan pastinya akan merugi, sedih, meratapi nasib dan mencoba cara cepat kaya tanpa usaha. Jadi bekerja keras sangat diperlukan dalam banyak bidang kehidupan.

2. Kerjasama
Bila ada makanan yang ditemui di suatu tempat seekor semut tidak dapat mengangkat makanan itu sendiri karena berat dan tidak ada kendaraan yang dapat ditumpanginya. So semut mengajak kawan-kawannya untuk mengangkat makanannya ke rumah dan lumbungnya. catatannya jangan meniru semut yang ada di belakang yang pura-pura mengangkat tapi hanya biar kelihatan kerja tapi hanya jadi cheer leader.

Inilah kira-kira bedanya dengan manusia. Kalau manusia yang di angkasa luar tu kalau dapat rejeki enggan berbagai. boro-boro berbagi kalau perlu jangan sampai orang tahu! Jadinya pasti serakah. Rejeki banyak diumpetin jadi nda ada rasa bebagi dan sosial banget.

3. Ketertiban dan Persahabatan
Lalulintas semut sangat menarik. Mereka bila bertemu bersalam sapa dan berciuman. kelihatannya gitu tapi mungkin juga bagi berita atau info. Yang pasti mereka tidak pernah berhenti dan menghabiskan waktu untuk ngegosip. menurut dosenku tu: Ngosip itu waktu dan acara yang paling kreatif tetapi tidak cerdas karena selalu penuh kreatif ngomongin orang tapi gak pintar-pintar!

Lalu lintas semut memang rapi, menarik dan tertib mereka berjajar dengan rapi sekalipun tidak ada polisi atau rambu lalulintas. Beda dengan jalan raya kita penuh damprat, kutuk dan kasar tidak tertib. Padahal ada tulisan yang mengatakan ‘BILA INGIN MELIHAT KARAKTER SUATU BANGSA LIHATLAH LALULINTASNYA!” Seperti apakah lalulintas atau jalan raya kita? Menyedihkan!

Itulah tiga hal tentang gaya hidup !! moga menyenangkan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 23,884 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 1.091 pengikut lainnya

Flickr Photos

Morning Silence

Puffy

Emerald Damselfly ♀

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: