TERANG SEJATI-DUSUN JATI

Beranda » BERITA » Dusun Jati

Dusun Jati

Dusun jati kelurahan Candirejo Kecamatan Semanu Kabupaten GunungKidul terletak di sebelah tenggara kota Wonsari.  Dengan jumlah Kepala Keluarga 85 KK. Letak dusun Jati sebelah timur berbatasan dengan dusun Nongkosingit Kelurahan Dadapayu, sebelah Selatan berbatasan dengan dusun Palgading, Kecamtan Tepus. sedangkan sebelah utara berbatasan dengan Kel. Dadapayu. Dusun bulu tertletak disebelah barat dari dusun Jati.

Dusun ini berjarak sekitar 30 Km dari pusat kota Wonosari. sedangkan dari Kecamatan Semanu berjarak sekitar 18 KM.

Lalu apakah yang istimewa dari dusun Jati? serasa memang tidak ada yang istimewa dari dusun ini. karena sama dengan dusun yang lain jauh dari keramaian dan terisolir. Namun apa artinya bila kita melihat sebuah keterbelakangan dan secara geografis tidak menguntungkan. Namun penulis dapat melihat hal yang lebih positif  lebih dari sekedar penampilan fisis. Karena bila Anda lahir di dusun Jati, anda akan menjadi familiar dengan lumur di saat musim hujan apa lagi ketika ANda hendak pergi ke kota Kecamatan Misalnya. Tanah yang sangat mencintai ANda karena akan terus menempel sampai kota. karena jalan di dusun hanya terdiri dari batu-batu kapur dan tanah liat.

Sementara bila hujan berakhir kita akan menikmati musim kemarau yang sangat luar biasa.  Debu tanah beterbangan, pohon -pohon meranggas bahkan semak-semak kering dan siap di bakar. Tanah dipermukaan retak-retak.

Namun dari semua itu mari kita lihat jiwa perjuangan penduduk dusun Jati. Masalah bukanlah hambatan untuk melangkah, tetapi telah menjadi tantangan atau chalenge untuk maju dan lebih baik. Dari sekian anak-anak dapat bersekolah dan menyelesaikan SMU dan tidak sedikit yang telah menyelesaikan perkuliahan. Disinilah perjuangan dalam dunia pendidikan telah mengangkat dusun Jati menjadi luar biasa. Berbagai bidang perkerjaan muncul dari anak anak yang lahir di dusun Jati.  Tentu masih banyak hal yang seharusnya bisa diangkat melalui anak anak Jati. Keanekaragaman atau pluralisme telah ada sejak dulu di dusun ini. Tiga agama ada di dusun Jati yaitu Kristen, Islam, dan Katholik .

Melalui tulisan ini kami mengajak seluruh komponen anak-anak dari dusun Jati untuk yang cinta akan dusun dan masyarakat untuk mulai mengembangkan sikap positif  kebersamaan dan persatuan sehingga kita lebih maju dan berkembang. Salam hangat!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 23,884 hits

Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 1.091 pengikut lainnya

Flickr Photos

Morning Silence

Puffy

Emerald Damselfly ♀

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: